Pemrosesan Form Data di PHP

Salah satu aplikasi dari PHP bisa digunakan untuk melakukan pemrosesan form data dari pengguna dengan form (X)HTML. PHP menyediakan dua array $_GET dan $_POST, yang merupakan variabel global dan dapat diakses dari mana saja di dalam script PHP.

Array $_GET digunakan ketika metode atribut dari tag form diset sebagai GET dan array $_POST digunakan ketika metode atribut tag form diset sebagai POST. Kedua array tersebut berisi form data yang disimpan sebagai sepasang key-value. Dimana key berisi nilai dari atribut nama dari elemen form dan nilai berisi nilai dari atribut nilai dari elemen form.

Kode PHP secara umum dimasukan kedalam dokumen (X)HTML. Ketika klien melakukan request dokumen web yang berisi kode PHP, web server akan mengirimnya ke prosesor PHP. Web server mengenal dokumen tersebut berisi kode PHP karena dokumen tersebut menggunakan nama dengan ekstensi .php. Input ke prosesor PHP adalah dokumen X(HTML) bersama dengan script PHP dan output adalah dokumen X(HTML) yang dikirim ke client. Client tidak mengetahui apa-apa mengenai script PHP yang ada di dokumen web.

PHP mendukung kedua prosedur itu sekali pemrograman object oriented. PHP secara alami digunakan untuk pemrosesan form dan untuk mengakses database pada server-side. PHP juga mendukung mail protocol umum seperti POP3 dan IMAP. PHP juga mendukung distributed architectures seperti COM dan CORBA.

Dibawah ini adalah contoh validasi input dari user dalam form X(HTML) yang simpel menggunakan PHP:

//HTML Code
<html>
 <head>
 <title>Login Form</title>
 </head>
 <body>
 <form action=“validate.php”>
 Username: <input type=“text” name=“txtuser” /><br />
 Password: <input type=“password” name=“txtpass” /><br />
 <input type=“submit” value=“Submit” />
 <input type=“reset” value=“Clear” />
 </form>
 </body>
</html>

Secara default ketika atribut metode tidak ditentukan, hal tersebut akan diset menjadi GET. Jadi, dalam PHP kita harus menggunakan array $_GET untuk mendapatkan form data seperti yang ditunjukan dibawah ini:

//PHP Code – validate.php
<?php
 $user = $_GET[“txtuser”]; //txtuser is the name of textfield in the HTML form
 $pass = $_GET[“txtpass”]; //txtpass is the name of password field in the HTML form
 if($user == “”)
 print(“Username cannot be empty!”);
 elseif($pass == “”)
 print(“Password cannot be empty!”);
 else
 print(“Login success! <a href=’home.html’>Click Here</a> to proceed”);
?>

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan PHP Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...