Apa Itu PHP Framework?

Apa Itu PHP Framework?

Apa Itu PHP Framework?

Apa Itu PHP Framework?

Apakah kalian tahu apa itu PHP framework? Jika tidak, pada artikel kali ini kami akan membahasnya. Framework atau kerangka kerja adalah sebuah software untuk memudahkan para progammer membuat aplikasi atau web yang mempunyai konten bermacam-macam fungsi, plugin, dan konsep sehingga membentuk suatu sistem tertentu. Framework berfungsi agar aplikasi tersusun dan terstruktur dengan rapi.

Tetapi jangan menganggap bahwa dengan menggunakan framework kita bisa terbebas dari coding, karena walaupun kita terbebas, tetapi sebagai user atau programmer, kita dapat menggunakan variabel dan fungsi-fungsi yang ada di sebuah framework tersebut. Dengan begitu kerja kita bisa menjadi efektif karena tidak harus membuat fungsi baru lagi, kecuali kita ingin mencobanya sendiri.

Salah satu framework yang sering digunakan adalah PHP framework. PHP framework menggunakan metode pengembangan berbasis MVC (Model View Controller) yang merupakan suatu metode untuk memisahkan bagian-bagian dari suatu web aplikasi. MVC terdiri dari tiga bagian, yaitu:

1. Model

Model mewakili struktur data. Biasanya model berisi fungsi-fungsi yang membantu kita dalam pengelolaan database seperti memasukan data ke database, update, dan keperluan lainnya.

2. View

View adalah bagian yang mengatur tampilan ke user. Bisa dikatakan juga sebagai halaman web.

3. Controller

Controller merupakan bagian yang menjembatani model dan view. Controller berisi script-script PHP yang berfungsi untuk memproses suatu data dan mengirimkannya ke halaman web.

Dengan metode MVC, bagian tampilan, logika, dan query database diletakkan secara terpisah namun tetap sinkron dengan sistem framework sehingga pembuatan aplikasi menjadi lebih terstruktur dan sederhana. Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan jika menggunakan PHP framework. Berikut manfaatnya:

1. Ringan dan cepat. Framework hanya melakukan pemanggilan class yang dibutuhkan sehingga meminimalkan resource yang diperlukan, oleh sebab itu ketika kita memproses sebuah halaman, akan menjadi lebih ringan dan cepat.

2. Lebih mudah untuk dikembangkan lagi karena kode program lebih terstruktur sesuai dengan alur logika proses yang dilakukan.

3. Adanya pemisahan bagian program berdasarkan fungsi sehingga lebih mudah untuk melakukan perbaikan jika terjadi kesalahan.

4. Mendukung banyak database sehingga kita tidak perlu lagi memikirkan bagaimana melakukan penyesuaian dengan jenis database yang lain.

5. Coding Style konsisten, memudahkan dalam membaca kode dan menemukan bugs.

6. Security Concern, mengantisipasi dan memasang perisai terhadap adanya berbagai masalah keamanan yang mungkin timbul.

7. Dokumentasi. PHP framework dapat mendisiplinkan kita untuk menulis dokumentasi terhadap apa yang kita tulis.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai PHP framework. Semoga bermanfaat.

Percayakan Layanan PHP Hosting Anda Kepada Kami, jakartawebhosting.com

8TipsMenghindariBangkrut-640x330

You may also like...