Pengertian PHP MVC

Pengertian PHP MVC

Pengertian PHP MVC

Pengertian PHP MVC

PHP Frameworks telah menyita banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir dari berbagai kalangan web developer ataupun komunitas web developer. Di dalam PHP Framework yang sekarang ada sebuah metode yang dikenal dengan MVC. PHP MVC sendiri sebenarnya adalah implementasi dari prinsip SoC (Separation of Concern) atau “pembagian fokus”.

SoC merupakan teknik di mana kita membagi-bagikan kode ke dalam beberapa bagian. Masing-masing bagian kode ini kemudian memiliki tanggung jawabnya masing-masing. Ada bagian kode yang menangani basis data, ada bagian kode yang menangani masalah tampilan, ada pula bagian kode yang menangani koneksi antara tampilan dan basis data tersebut.

Oke, sekarang kita ambil contoh mengapa PHP MVC ini sangat diperlukan. Misalnya kalian adalah seorang web developer, di mana pada saat ini kalian harus memenuhi kebutuhan klien untuk pembuatan web. Namun kalian hanya diberikan waktu sedikit oleh klien tersebut.

Pada tahap pengerjaan, yang bisa kalian lakukan adalah memanfaatkan kemampuan coding tanpa memakai struktur penulisan yang rapi. Ketika web tersebut selesai, pastinya kalian akan mempresentasikan web tersebut terlebih dahulu. Lalu klien memberikan tanggapan tentang apa saja yang perlu diperbaiki, merubah font atau background, maupun yang lainnya.

Jika hal ini terjadi maka secara otomatis kalian harus mencari dan merombak codingan, belum lagi saat di tengah proses revisi, sang klien meminta untuk menambahkan beberapa konten. Maka bisa dipastikan codingan kalian yang terdiri dari kode HTML dan query basis data akan sulit untuk dikenali.

Oleh karenanya, dengan menggunakan PHP MVC ini, kita dapat mengembangkan web dengan mudah. Metode PHP MVC ini menggunakan sistem pembagian yang terdiri dari tiga bagian utama yaitu:

1. Model

Model adalah sebuah layer pada PHP MVC yang merepresentasikan data yang digunakan oleh aplikasi sesuai dengan proses yang terjadi pada data tersebut. Dengan memilahnya menjadi beberapa bagian seperti penampungan data, persistence, proses manipulasi, dan lain-lain. Kelebihan menggunakan metode model adalah:

  • Proses maintenance aplikasi

Penempatan detail data dan operasinya pada area yang ditentukan, sehingga tidak tersebar pada keseluruhan lingkup aplikasi.

  • Reusable model

Pemakaian kembali aplikasi model oleh aplikasi lain yang disebabkan adanya pemisahan data dengan inteface.

2. View

View adalah sebuah layar pada PHP MVC yang mengandung keseluruhan detail dari implementasi user interface dengan melibatkan komponen grafis yang menyediakan representasi proses internal aplikasi dan menuntun alur interaksi user terhadap aplikasi. Kelebihan dari view adalah:

  • Memudahkan pengabungan divisi desain dalam development team.
  • Ketersediaan multiple penggabungan interface dalam aplikasi.

3. Controller

Controller adalah sebuah layer pada PHP MVC yang menyediakan detail alur program dan transaksi layer, dan juga bertanggung jawab akan penampungan event yang dibuat oleh user dari view dan melakukan update terhadap komponen model yang menggunakan data dari user. Kelebihan dari controller adalah:

  • Komponen view dapat didesain tanpa harus memperhatikan bagian lain secara berlebih.
  • Pemisahan jelas antara presentation logic dan business logic.

Percayakan hosting PHP Anda kepada kami, jakartawebhosting.com

Web Hosting Indonesia

Web Hosting Indonesia

You may also like...