Perbedaan Web Sites dan Web Apps

Perbedaan Web Sites dan Web Apps

Tidak semua orang bisa setuju apa yang membedakan antara web sites dan web apps, namun umumnya web sites lebih banyak tentang menampilkan konten statis dan web apps memerlukan server ‘pintar’ untuk menjalankan kode untuk menghasilkan konten dinamis.

Mesin Vending vs Restoran

Meminjam analogi dari Noah Veltman dan membedakan antara web sites dan web apps dengan analogi mendapatkan makanan dari mesin vending dan memesan makanan dari restoran.

Bayangkan mengunjungi web sites statis seperti membeli makanan dari mesin vending. Makanannya sudah ada di dalam mesin, dan makanan yang disajikan tidak berbeda antara kamu dan orang lain yang menggunakankannya. Kamu hanya bisa memilih makanan berdasarkan produk yang sudah ada di dalam mesin.

Contoh web sites statis seperti yang saya temukan adalah https://www.steakholycow.com. Kamu hanya bisa mengklik dari satu halaman ke halaman lainnya, dan semua orang yang mengunjungi web sites ini akan melihat hal yang sama.

Sementara situs yang menjalankan web apps lebih kepada memesan makanan dari restoran sebenarnya. Kita memesan makanan dan koki di dapur akan langsung memasaknya untuk kita. Dan dari menu kita bisa meminta sedikit perubahan, misal pesan nasi goreng pedas atau tidak pedas. Pesanan setiap orang untuk satu menu bisa berbeda-beda.

Di internet, web apps merupakan server web yang menjalankan beberapa kode, yang diibaratkan seperti proses di dapur restoran. Server mengambil order atau request dari halaman web, memasaknya atau memprosesnya sesuai dengan yang kamu inginkan, dan menampilkan hasilkan di browser yang kamu gunakan.

Sebagai contoh, kamu membuka alamat https://www.google.co.id/ dan melakukan pencarian akan sesuatu. Halaman hasil pencarian Google akan selalu menampilkan hal-hal yang berbeda sesuai dengan kata kunci yang kamu masukan. Hal ini bisa dikatakan sebagai web apps, karena menjalankan proses yang pintar di belakang sana.

Kesimpulan

Web sites lebih kepada sekumpulan halaman web yang menampilkan informasi atau bersifat informatif, seperti misalnya situs profil perusahaan, blog dan lainnya.

Sementara web apps adalah situs yang bersifat interaktif, membutuhkan masukan dari pengunjung dan memprosesnya secara pintar dengan menjalankan kode di server.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...