PHP Framework CakePHP 3 vs CodeIgniter

CakePHP 3 dan CodeIgniter merupakan dua dari sekian banyak PHP Framework yang bisa kita gunakan. Kali ini saya akan membahas perbandingan keduanya CakePHP 3 vs Codeigniter.

CakePHP 3

CakePHP 3 merupakan PHP framework gratis yang termasuk kode siap pakai untuk mengembangkan program secara cepat. Template MVC tersedia pada framework ini. CakePHP merupakan framework OOP, yang memiliki banyak fungsi, dapat dioperasikan dengan cepat dan memiliki efisiensi yang sangat bagus. Versi terbaru CakePHP yakni CakePHP 3 lebih fleksibel dan efisien dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Instalasi – Untuk menggunakan CakePHP, kita membutuhkan PHP 5.5.9 atau yang lebih baru. Kita bisa meng-install PHP frameword ini melalui Composer. Setelah instalasi, kita akan memiliki struktur dan kita siap membangun aplikasi web berdasarkan struktur tersebut. Proses instalasinya simpel dan cepat.

Dokumentasi – Framework ini memiliki instruksi manua yang simpel dan komprehensif.

Fleksibilitas – Framework ini memungkinkan kita untuk memperluas fungsinya. Module dan plugin baru dapat di-install melalui composer.

Dimana kita bisa menggunakan framework ini? Framework ini dapat digunakan hampir pada proyek apapun, mulai dari aplikasi web yang simple hingga aplikasi dan portal REST.

CodeIgniter

CodeIgniter juga merupakan framework PHP yang bisa kita gunakan gratis dan juga merupakan open source. Namun framework ini tidak didesain untuk proyek besar. Framework ini, merupakan framework yang paling cepat, sayangnya banyak yang menganggap proyek ini telah mati karena sangat jarang update.

Template MVC juga bisa diakses pada framework ini. CodeIgniter memungkinkan kita untuk bekerja dengan berbagai database seperti MySQP, PostgreSQL, Oracle dan banyak lagi. Dan juga waktu pengembangan dengan framework ini lebih cepat.

Bagi yang baru belajar, disarankan untuk mulai dengan PHP framework CodeIgniter.

Instalasi – Untuk meng-install framework ini kita membutuhkan untuk mengupload dan de-archive file framework. Framework ini tidak tersedia melalui Composer.

Dokumentasi – Instruksi dari framework ini tidak simpel. Butuh lebih dari dua kali membandingkan semua framework lain untuk menemukan bagian yang perlu.

Dimana kita bisa menggunakan framework ini: CodeIgniter tidak cocok untuk digunakan membangun website komersil. Cocok untuk belajar mengenal framework PHP.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan PHP Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...