PHP Vs ASP.net Pro dan Kontra

Jika Anda baru saja berkecimpung dalam dunia web development, Anda mungkin akan merasa kesulitan untuk memilih PHP atau ASP.net. Dua bahasa pemrograman tersebut memang banyak digunakan dan tentunya hadir dengan konsep yang berbeda bagi penggunanya. Tentunya, pilihan Anda akan sangat memengaruhi hasil akhirnya nanti. Pilihan manakah yang lebih baik? PHP atau ASP.net?

PHP

Pengguna PHP memang banyak jumlahnya karena teknologi ini memang mempunyai banyak fitur untuk menjalankan pekerjaan dengan mudah. PHP sendiri adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor. Teknologi ini didesain secara khusus untuk membangung halaman web secara dinamis. Konsep PHP tidak jauh berbeda dengan bahasa pemrograman C. Ada cukup banyak kemiripan yang bisa Anda temukan.

PHP mempunyai banyak keunggulan yang membuatnya menjadi salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan. Salah satu daya tariknya adalah lisensinya yang gratis dan bebas digunakan untuk berbagai project. PHP berbasis open source sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuki menggunakannya. Anda bisa menggunakan, mengembangkan, dan menerapkan aplikasi ini untuk website Anda secara gratis. PHP juga kompatibel dengan beberapa jenis web server yang sering digunakan seperti PWS atau APACHE. PHP juga bersifat cross platform jadi Anda bisa menggunakannya untuk layanan hosting berbasis Windows atau Linux. PHP juga mempunyai kemampuan untuk mendukung database dalam jumlah banyak sekaligus. Hasilnya, halaman website yang dinamis bisa didapatkan. PHP mampu memberikan support yang lebih baik untuk Object Oriented Programming, MySQL, atau XML. Jika Anda menerapkan konsep ini, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan. Aplikasi dengan konsep PHP masih bersifat open source sehingga bisa digunakan dan dikembangkan secara bebas.

 

ASP.net

ASP.net juga mempunyai keunggulan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi web developer. ASP.net adalah platform sederhana yang menawarkan kemudahan dalam bekerja. Jika Anda ingin menerapkan teknologi ini konfigurasi website atau validasi data, pilihan ini sudah bisa menjalankannya dengan baik. ASP.net juga hadir dengan performa yang lebih baik. Anda bisa menerapkannya dengan model pemrograman form-form web. Jika Anda menggunakan web editor seperti Web Matrix atau Visual Studio.NET, Anda bisa membuat halaman web berbasis ASP.net dengan mudah. ASP.net juga memberikan keamanan yang lebih dengan layanan otorisasinya. ASP.net juga unggul dalam kecepatan Dengan konsep compiled code, aplikasi bisa dijalankan dengan lebih cepat. Dengan konsep ini, Anda juga bisa menjalankannya di Linux (meskipun kemungkinannya sangat kecil). ASP.net juga bersifat managed code dan bisa dijalankan di virtual machine yang dikembangkan untuk platform buatan Microsoft.

Meskipun mempunyai banyak kelebihan, ASP.net tetap bukanlah teknologi yang sempurna. Anda tidak bisa menjalankannya untuk platform selain buatan Microsoft. Dengan kata lain, Anda tidak bisa menggunakannya secara gratis. Anda mungkin tidak bisa menemukan project ASP.net yang diberikan dengan lisensi open source karena memang teknologi ini dirancang untuk Microsoft.

 

Jika Anda membandingkan PHP adan ASP.net, kedua teknologi tersebut memberikan kemudahan bagi penggunanya, terutama untuk membangun sebuah situs dengan konsep tertentu. Jika Anda mencari pilihan terbaik antara keduanya, pilihan tersebut lebih ditentukan oleh kebutuhan Anda. Untuk pengguna yang ingin menggunakan solusi cross platform yang lebih fleksibel, PHP adalah pilihan yang lebih tepat. Anda bisa menggunakannya untuk system Windows atau Linux. ASP.net dikembangkan secara khusus untuk Windows. Anda bisa menentukannya sesuai dengan pilihan platform yang Anda kuasai.

You may also like...