Mengenal PHP Mailer

Mengenal PHP Mailer

php hosting murah

Mengenal PHP Mailer

Apakah kalian tahu apa itu PHP Mailer? Jika kalian belum mengetahuinya, pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya. PHP Mailer adalah fungsi PHP yang digunakan untuk mengirim e-mail, sayangnya fungsi ini hanya berjalan untuk sesama localhost. Oleh karena itu dibutuhkan tambahan support agar PHP dapat menjalankan fungsinya sebagai pengirim e-mail.

PHP Mailer dapat menjalankan fungsinya sebagai pengirim e-mail jika kita mensupportnya dengan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP). SMTP adalah suatu protokol yang diperlukan untuk mengirim dan menerima e-mail. Karena itulah kita harus menggunakan SMTP sebagai layanan mengirim e-mail. Layanan ini dapat kita gunakan untuk keperluan seperti memverifikasi e-mail, contohnya ketika kita mendaftar di Twitter atau Facebook. Setelah mendaftar maka kita diharuskan membuka e-mail dan memverifikasinya.

Selanjutnya, kita akan menuju tahap-tahap persiapan dan penyesuaian script untuk menggunakan PHP Mailer ini.

Tahap pertama tentunya kita harus memiliki PHP Mailer terlebih dahulu. Jika kalian sudah memiliki PHP Mailer, tahap berikutnya adalah siapkan host SMTP, user, password. Contoh akun host SMTP yang digunakan adalah jkt.webhosting.com dan user serta password yang didafatarkan harus dari e-mail kita, adapun akun e-mail yang kami pakai adalah [email protected] Selanjutnya, masuk ke tahap penulisan script. Kalian dapat mengikuti script seperti berikut:

<?php
ob_start();
include 'PHPMailerAutoload.php';
$mail = new PHPMailer();
$mail->isSMTP();
$mail->SMTPDebug = 2;
$mail->Debugoutput = 'html';
$mail->Host = "jkt.webhosting.com"; //host smtp kalian
$mail->Port = 2525; //Port smtp kalian
$mail->SMTPAuth = true;
$mail->Username = "[email protected]"; //User smtp kalian
$mail->Password = "password"; //Password smtp kalian
$mail->setFrom('[email protected]', 'Gista'); //Email pengirim
$mail->addReplyTo('[email protected]', 'gista'); //Tujuan email balasan
$mail->addAddress('[email protected]', 'Gista'); //Email tujuan
$mail->Subject = 'Subjeknya';
$mail->msgHTML('Tes Email, terimakasih!');
if($mail->send()){ header("location://mail.google.com"); }
>

Kami akan jelaskan sedikit tentang skrip di atas. ob_start(): ini berfungsi agar header() jalan. Include ‘PHPMailerAutoload.php’: memanggil PHPMailer. php $mail = new PHPMailer(): membuat objek $mail dari kelas PHPMailer. $mail->isSMTP(): memanggil method isSMTP() dari kelas PHPMailer. $mail->SMTPDebug, $mail->Host, $mail->Subject: Memasukkan value di Properti SMTPDebug, Host, Subjek pada class PHPMailer. $mail->addReplyTo(‘[email protected]’, ‘Gista’): ini adalah salah satu method pada class PHPMailer.

Satu hal yang harus Anda ingat, script di atas jangan dimodifikasi lagi kecuali di bagian akun host SMTP, port, username, dan password. Semoga bermanfaat.

jakartawebhosting.com Memberikan Layanan Penuh untuk Mendukung PHP Hosting Anda

JakartaWebHosting

JakartaWebHosting

You may also like...