Python Bahasa Pemrograman Dengan Pertumbuhan Paling Cepat

Python Bahasa Pemrograman Dengan Pertumbuhan Paling Cepat

Python menjadi bahasa pemrograman dengan pertumbuhan yang paling cepat, dan pada tahun 2019 nanti secara signifikan akan jauh meninggalkan bahasa pemrograman lainnya dalam hal developer aktif.

Prediksi mengenai pemrograman ini didapat dari Q&A di situs Stack Overflow, berdasarkan jumlah developer yang melihat pertanyaan mengenai Python di situs ini. Stack Overflow merupakan situs komunitas terbesar di dunia bagi para developer, dengan lebih dari 50 juta pengunjung setiap bulannya yang terdiri dari pemula hingga programmer profesional.

“Istilah ‘fastest-growing’ bisa sangat sulit untuk diartikan secara tepat, tetapi pada kasus mengenai Python merupakan klaim yang kuat bahwa bahasa pemrograman utama ini menjadi yang paling cepat berkembang.” Ungkap David Robinson, Data Scientist di Stack Overflow.

Dalam lima tahun terakhir hingga Juni 2017, Python tumbuh dari bahasa yang kurang popular menjadi bahasa yang paling popular di antara 6 bahasa pemrograman utama, dengan kenaikan 2,5 kali dalam hal ‘view’ pada pertanyaan mengenai Python di situs Stack Overflow. Statistik ini berhubungan dengan developer dari negara dengan pendapatan tertinggi dan sering secara umum direpresentasikan sebagai trend seperti di Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Kanada, dan negara serupa lainnya.

Popularitas Python yang semakin meningkat, karena fleksibilitas dari bahasa ini, bahasa pemrograman ini juga digunakan secara reguler oleh web developer dan desktop developer, system administrator, dan juga digunakan oleh data scientist serta machine learning engineers. Python digunakan di segala domain – sistem operasi, pengembangan web, deployment, scientist modelling, dan lain sebagainya. Tidak ada bahasa lain yang sangat serbaguna seperti Python.

Penyebaran Python yang cepat juga berasal dari komunitas yang kuat, dan bahasa ini sendiri mudah dibaca, singkat dan standard library yang lengkap. Python tidak hanya akan berada di puncak, namun akan secara meyakinkan mengkonsolidasi keunggulannya atas bahasa lain selama dua tahun ke depan.

Tidak hanya Python ada satu bahasa pemrograman lainnya yang akan berkembang pesat, dan saat ini menunjukan pola pertumbuhan yang serupa. Bahasa tersebut adalah R.

 

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...