Sejarah Perkembangan PHP

Sejarah Perkembangan PHP

Sejarah Perkembangan PHP

Sejarah Perkembangan PHP

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang sejarah perkembangan PHP. Ada baiknya kalian mengetahui sejarah perkembangan PHP agar pengetahuan Anda bertambah. Pada perkembangannya, PHP memang terus-menerus mengalami perubahan. PHP yang merupakan kependekan dari Hypertext Preprocessing, merupakan bahasa skrip yang dapat disisipkan ke dalam HTML.

Pada awalnya, PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page karena hanya digunakan pribadi oleh pembuatnya. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf, seorang programmer dari Denmark pada tahun 1995.
Karena PHP bersifat open souce, banyak yang tertarik mengembangkan kode PHP ini. Salah satunya adalah perusahaan yang bernama Zend. Akhirnya Zend merilis PHP versi 2.0 pada tahun 1997. Setahun kemudian, PHP 3.0 juga dirilis.

Tidak berhenti sampai disitu, perkembangan PHP semakin maju dengan dirilisnya PHP 4.0, di mana versi ini banyak digunakan oleh programer karena mempunyai kemampuan untuk membangun aplikasi web dengan kecepatan dan stabilitas yang tinggi. Kemudian Juni 2004, Zend kembali merilis PHP versi 5.0 yang lebih dikenal dengan model OOP (Object Oriented Programming).

Banyak kelebihan yang bisa diperoleh jika kalian menggunakan PHP. Berikut ini kelebihan PHP dibandingkan bahasa pemprograman yang lain:

1. Gratis. Karena bersifat open source, PHP dapat kita gunakan dan dapat kita kembangkan secara bebas.

2. Lebih cepat. Tidak diragukan lagi bahwa PHP lebih cepat dibandingkan dengan aplikasi CGI dengan Perl atau Phyton, bahkan dengan ASP maupun Java dalam berbagai aplikasi web.

3. Mudah dipelajari atau digunakan. Banyak sekali forum-forum yang berisi tutorial belajar PHP ataupun diskusi yang membahas tentang PHP. Jika Anda ingin belajar PHP, Anda tidak perlu khawatir karena kalian bisa mempelajarinya lewat forum maupun situs yang ada.

Demikianlah sejarah singkat mengenai perkembangan PHP. Semoga bermanfaat

You may also like...