Tidak Dapat Membuat PHP Session, Error PHPMyAdmin

Pernahkah kamu mengalami error PHPMyAdmin dengan pesan seperti di bawah ini? Error atau kesalahan ini dapat terjadi terkait dengan PHP Session, yang mana seharusnya ditulis di dalam direktori /tmp untuk dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Access Denied Unable to establish a PHP session. If you believe that this is in error or inadvertent, contact your system administrator and ask them to review your server settings.

Apa yang menyebabkan error PHPMyAdmin “Access Denied Unable to establish a PHP session…”?

Error PHPMyAdmin ini biasanya disebabkan oleh salah permission pada file atau direktori, dan juga salah owner pada file /tmp dengan path di:

/home/$username/tmp

Bisa juga error ini terjadi pada direktori umum /temp di server yang menggunakan server Linux seperti CentOS dan lainnya.

Bagaimana Cara Memperbaiki Error PHPMyAdmin?

Untuk pengguna cPanel atau DirectAdmin

Pastikan bahwa user dapat mengakses direktori dengan ownership yang benar, kita bisa menentukan owner yang benar dengan menjalankan perintah di bawah untuk file /tmp:

chown username.username /home/$username/tmp

Dan pastikan untuk permission-nya harus 755, dengan menjalankan perintah di bawah ini:

chmod 755 /home/$username/tmp

Untuk pengguna server Linux (seperti CentOS dan lainnya), tanpa kontrol panel

Ketik perintah di bawah ini untuk menentukan permission:

chmod 1777 /tmp

Dan semoga cara di atas dapat memperbaiki error PHPMyAdmin yang sedang kamu hadapi.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan PHP Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...