Tips Meningkatkan Kinerja Aplikasi PHP

Tips Meningkatkan Kinerja Aplikasi PHP

PHP merupakan bahasa scripting yang dikembangkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada awalnya scripting ini hanya ditujukan untuk penggunaan pribadi dia saja, dan awalnya PHP merupakan singkatan dari “Personal Home Page.” Namun, Lerdorf akhirnya memutuskan untuk mengembangkan fungsinya, dan saat ini PHP merupakan akronim dari “PHP: Hypertext Preprocessor.”

Kinerja Aplikasi PHP Yang Baik?

Performa dan kecepatan memang tidak selalu identik. Mencapai kinerja optimal seringkali merupakan tindakan penyeimbang yang membutuhkan pertukaran antara kecepatan, akurasi, dan skalabiltas. Misalnya, saat membangun aplikasi web, anda mungkin harus memutuskan antara mengutakan kecepatan dengan menulis script yang memuat semuanya ke dalam memori atau mempriotitaskan skalabilitas dengan script yang memuat data dalam potongan.

Tips Untuk Meningkatkan Kinerja Aplikasi PHP

1. Meningkatkan Kinerja Aplikasi PHP – Menggunakan OPCache

Karena PHP diintepretasikan ke dalam kode yang dapat dieksekusi secara tanpa persiapan, programmer tidak perlu mem-pause untuk meng-compile kode setiap kali mereka melakukan perubahan kecil. Sayangnya, meng-compile ulang kode yang sama setiap kali berjalan di website kamu akan memperlambat kinerja, itulah sebabnya opcode cache atau OPCache sangat berguna.

OPCache merupakan ektensi yang dapat menyimpan kode yang di-compile kedalam memori. Karena itu, pada saat kode dijalankan berikutnya, PHP akan mengecek timestamp dan ukuran file untuk menentukan apakan source file telah diubah. Jika belum, kode cache akan berjalan.

Gambar dibawah ini menunjukan perbedaan waktu eksekusi dan penggunaan memori antara aplikasi PHP yang berjalan tanpa cache, dengan OPCache dan dengan eAccelerator.

Tips Meningkatkan Kinerja Aplikasi PHP

 

2. Meningkatkan Kinerja Aplikasi PHP – Mengidentifikasi Penundaan Database

Kinerja tidak selalu disebabkan oleh kode. Sebagian besar bottleneck atau kemaceten terjadi saat aplikasi harus mengakses sumber daya. Karena layer akses data dari aplikasi PHP dapat menjelaskan hingga 90% waktu eksekusi, salah satu langkah pertam yang harus kamu lakukan adalah melihat semua contoh akses database di basis kode anda.

Pastikan mengaktifkan slow SQL logs untuk membantu mengidentifikasi dan mengatasi query SQL yang lambat. Jika kamu menemukan terlalu banyak query yang dibuat, atau jika kamu menemukan query yang sama dibuat beberapa kali selama satu eksekusi. Kamu dapat menyesuaikannya untuk meningkatkan kinerja aplikasi dengan mengurangi waktu akses database.

3. Meningkatkan Kinerja Aplikasi PHP – Bersihkan Filesystem

Bersihkan filesystem dari inefisiensi, dan pastikan filesystem tidak digunakan untuk menyimpan session. Yang paling penting, awasi kode yang dapat memicu file stat seperti file_exist (), filesize () atau filetime (). Membiarkan salah satu fungsi ini dalam satu lingkaran dapat menyebabkan masalah kinerja.

4. Meningkatkan Kinerja Aplikasi PHP – Memonitor API

Sebagian besar aplikasi web yang bergantung pada sumber daya eksternal memanfaatkan API. Meskipuan API jarak jauh berada diluar kendali kamu, ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi masalah yang timbul dari kinerja API. Misalnya, kamu dapat menyimpan API cache atau membuat panggilan API di background. Tetapkan jangka waktu yang wajar untuk permintaan API dan, jika mungkin, bersiaplah untuk menampilkan output tanpa respon API.

5. Meningkatkan Kinerja Aplikasi PHP – Profil PHP

Menggunakan OPcache dan mengelola sumber daya eksternal haruslah cukup untuk membuat sebagian besar aplikasi berjalan dengan lancar. Namun, jika anda menemukan kebutuhan semakin meningkat, mungkin sudah saatnya untuk membuat profil PHP kamu. Profil kode PHP lengkap bisa memakan waktu, namun dapat memberik kamu informasi mendalam tentang kinerja aplikasi kamu. Ada beberapa program open soruce untuk membuat profil kode PHP, salah satunya seperti Xdebug.

 

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan dengan yang menarik.

You may also like...