Tutorial OOP: Pemrograman Berbasis Objek PHP

Tutorial OOP: Pemrograman Berbasis Objek PHP

Tutorial OOP: Pemrograman Berbasis Objek PHP

Tutorial OOP: Pemrograman Berbasis Objek PHP

Apakah kalian tahu apa itu OOP? Jika di antara kalian ada yang belum mengetahuinya, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang tutorial OOP PHP. OOP atau Object Oriented Programming yang dalam bahasa Indonesia disebut Pemrograman Berbasis Objek, adalah salah satu cara membuat program dengan memecah alur program menjadi modul-modul sederhana yang disebut dengan objek. Setiap objek, memiliki fungsi dan tugasnya tersendiri.

Saat ini, OOP telah menjadi standar dalam dunia pemograman. Jika Anda telah menguasai pemrograman PHP dasar seperti array, tipe data, dan fungsi, mempelajari pemrograman berbasis objek PHP adalah langkah penting berikutnya.

Seperti yang sudah kami bahas di atas, Pemrograman Berbasis Objek (OOP) adalah konsep pembuatan program dengan memecah permasalahan program menggunakan objek. Objek dapat diumpamakan dengan fungsi khusus yang bisa berdiri sendiri. Untuk membuat sebuah aplikasi, berbagai objek akan saling bertukar data untuk mencapai hasil akhir.

Berbeda dengan konsep fungsi atau function di dalam pemrograman, sebuah objek bisa memiliki data dan function tersendiri. Setiap objek ditujukan untuk mengerjakan sebuah tugas, dan menghasilkan nilai akhir untuk selanjutnya dapat ditampilkan atau digunakan oleh objek lain.

Fungsi Pemrograman Berbasis Objek

PHP bukan bahasa pemrograman yang murni berbasis objek seperti Java. Bahkan, konsep OOP dalam PHP baru hadir pada PHP versi 4, dan disempurnakan oleh PHP versi 5. Dengan kata lain, OOP di PHP merupakan fitur tambahan.

Dalam studi pemrograman, pembuatan program dalam PHP tanpa menggunakan objek disebut dengan pemrograman prosedural atau pemrograman fungsional. Dengan membuat program secara prosedural, aplikasi bisa dibuat dengan cepat dan mudah dipelajari jika dibandingkan dengan pemrograman berbasis objek.

Keuntungan pemrograman berbasis objek baru akan terasa ketika program tersebut telah besar atau kita bekerja dengan tim untuk membagi tugas. Konsep objek untuk memisahkan program menjadi bagian-bagian yang berdiri sendiri akan memudahkan kita dalam membuat program.

Jika kalian seorang programmer web, OOP adalah salah satu makanan wajib dalam menggunakan framework. Mengapa demikian? Sebab, framework akan mempercepat proses kerja. Hampir semua framework PHP dibuat menggunakan OOP.

You may also like...