Tutorial PHP: Mengenal Operand, Operator, dan Urutan Operator

Tutorial PHP: Mengenal Operand, Operator, dan Urutan Operator

Tutorial PHP: Mengenal Operand, Operator, dan Urutan Operator

Tutorial PHP: Mengenal Operand, Operator, dan Urutan Operator

Pada tutorial PHP sebelumnya, kami telah membahas mengenai tipe data dasar dalam PHP. Sebagai permulaan, pada artikel kali ini kami akan mengajak Anda untuk lebih mengenal operand, operator, dan urutan operator di dalam PHP.

Mengenal Operand dan Operator

Dalam bahasa pemograman, terdapat istilah operand dan operator. Operand adalah nilai asal yang digunakan di dalam proses operasi, sedangkan operator adalah instruksi yang diberikan untuk mendapatkan hasil dari proses tersebut. Beberapa operator bisa mengubah nilai dari operandnya sendiri, walaupun kebanyakan hanya sebagai penghubung antar operand. Operator di dalam PHP banyak meminjam contoh karakter dari bahasa C dan Perl.

Jenis Operator Berdasarkan Jumlah Operand

Berdasarkan jumlah operand, operator dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu operator unary, binary, dan ternary. Operator unary adalah operator yang hanya memiliki satu operand. Operator binary adalah operator yang memiliki dua operand, sedangkan operator ternary adalah operator yang memiliki tiga operand.

Urutan Prioritas Operator dalam PHP

Sama seperti membuat persamaan dalam Matematika, operator dalam PHP juga memiliki urutan pemrosesan tersendiri. Misalkan terdapat kode program sebagai berikut:

1

2

3

$hasil1 = $a + $b/$c – $d;

 

$hasil2 = $a AND $b || $c AND $d;

Program tersebut akan dieksekusi oleh PHP dengan melihat urutan prioritasnya. Urutan prioritas ini menetapkan seberapa dekat operator dengan kedua operandnya. Sebagai contoh, 2+3*5 hasilnya adalah 17, bukan 25.  Hal ini karena operator perkalian (*) memiliki prioritas lebih tinggi daripada operator penambahan (+).

Berikut adalah tabel urutan prioritas operator dalam PHP.

Dari tabel diatas, terdapat beberapa operator yang berada dalam satu baris. Bagaimana PHP memproses operator-operator yang memiliki urutan prioritas sama? Di dalam PHP, operator tersebut akan diproses berdasarkan kolom arah proses. Kolom arah proses (associativity) digunakan untuk melihat bagaimana arah proses operator dijalankan. Misalkan operator kurang (-), di dalam tabel dapat dilihat bahwa operator kurang (-) memiliki arah proses kiri, sehingga operasi 5 – 3 – 1 oleh PHP diproses dari kiri ke kanan. 5 – 3 – 1 diproses menjadi (5 – 3) – 1, dan hasilnya adalah 1.

Namun di dalam tabel, operator “=” memiliki arah proses kanan, sehingga $a = $b = $c, akan diproses dari kanan terlebih dahulu, menjadi $a = ($b = $c).

Jika arah proses tersebut non-arah, berarti operator itu tidak bisa digunakan secara berdampingan. Misalkan 4 < 6 > 2, tidak dapat diproses oleh PHP, namun 1 <= 1 == 1 bisa diproses karena operator == memiliki urutan prioritas lebih rendah daripada <=.

Selain untuk memaksakan urutan prioritas, penggunaan tanda kurung juga akan memudahkan pembacaan program, bahkan ketika tidak diperlukan. Bagaimana? Apakah kalian sudah lebih mengenal operand, operator, dan urutan operator? Semoga bermanfaat.

Apabila Anda sedang mencari web hosting yang cepat dan handal untuk Anda gunakan pada website, Anda bisa mengandalkan https://www.jakartawebhosting.com sebagai web hosting terpercaya Anda. Karena Jakartawebhosting.com menyediakan web hosting Indonesia, web hosting dengan server yang menggunakan HDD maupun SSD yang sangat terjamin kecepatan dan sumber daya resourcenya. Anda cukup pilih mana yang Anda inginkan.

Selain itu, Anda juga bisa membeli nama domain dengan harga domain murah se Indonesia di Jakarta Web Hosting Indonesia. Bila anda sebuah perusahaan, anda ingin menggunakan layanan Cloud Hosting? Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Cloud Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data serta server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu anda 24 jam setiap hari dan biaya langganan yang menarik.

.

You may also like...