Tutorial PHP: Penulisan Komentar dalam Kode PHP

Tutorial PHP: Penulisan Komentar dalam Kode PHP

Tutorial PHP: Penulisan Komentar dalam Kode PHP

Tutorial PHP: Penulisan Komentar dalam Kode PHP

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara penulisan komentar di dalam kode PHP. PHP menyediakan beberapa cara untuk menambahkan komentar yang mirip dengan cara memberikan komentar di bahasa pemrograman lain seperti C, C++ dan Unix Shell.

Komentar diperlukan untuk memberikan penjelasan kepada orang lain yang membaca kode kita. Komentar sepenuhnya akan diabaikan oleh PHP pada saat eksekusi. Walaupun Anda berpikir bahwa hanya Anda yang akan membaca kode program tersebut, namun itu adalah ide yang bagus. Komentar yang baik adalah komentar singkat dan tidak terlalu panjang, namun memberikan penjelasan tentang kegunaan kode atau variabel tersebut dibuat.

Selain sebagai tempat membuat penjelasan, sifat komentar yang tidak akan dieksekusi oleh PHP memberikan keuntungan lain dalam proses pembuatan program. PHP menyediakan beberapa cara untuk membuat komentar, dan semuanya berasal dari bahasa pemrograman populer lain. Berikut adalah cara penulisan komentar dalam PHP:

 1. Metode Komentar Unix Shell

Disebut sebagai metode komentar Unix Shell, karena cara penulisan komentar ini berasal dari sistem Unix. Metode ini menggunakan karakter tanda pagar atau hash mark (#). PHP akan mengabaikan seluruh text yang terdapat setelah tanda pagar sampai akhir baris atau tag penutup PHP (mana yang terlebih dahulu didapati).

Karena sifatnya yang hanya mempengaruhi satu baris saja, Metode komentar Unix Shell efektif digunakan untuk membuat komentar pendek.

1

2

3

<?php

$nilai = $p * exp($r * $t); # menghitung bunga majemuk

?>

Beberapa programmer juga sering menggunakan karakter # untuk memisahkan bagian kode PHP dengan bagian lainnya, seperti berikut:

1

2

3

4

#######################

## Falidasi Form Register

#######################

… Kode program PHP disini

Ketika Anda membuat kode program PHP dan HTML yang saling berkaitan, komentar Unix Shell ini bisa digunakan seperti contoh berikut:

1

2

3

<?php $nama = “phphosting”; # Set $nama menjadi phphosting ?>

<br> <?php echo $nama; ?>

… kode HTML berikutnya

2. Metode Komentar C++

Cara penulisan komentar C++ hampir sama dengan metode komentar Unix Shell, metode komentar C++ ini berlaku hanya untuk sebuah baris atau sampai tag penutup PHP, tetapi kali ini karakter yang digunakan adalah dua kali garis miring (two slashes), yakni //.

Karena sifatnya yang sama seperti Unix Shell, semua contoh tanda # dapat diganti dengan //, berikut contohnya:

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

$nilai = $p * exp($r * $t); // menghitung bunga majemuk

 

/////////////////////////////

// Falidasi Form Register

/////////////////////////////

… Kode program PHP disini

 

<?php $nama = “phphosting”; // Set $nama menjadi phphosting. ?>

<br> <?php echo $nama; ?>

… kode HTML berikutnya

Metode komentar C++ lebih mudah digunakan dibandingkan dengan metode Unix Shell, karena tombolnya mudah dicapai. Untuk menekan tanda #, Anda harus menekan tombol shift di keyboard terlebih dahulu, namun untuk mengetik tanda // kita tinggal menggunakan satu tangan kanan untuk mencapainya di keyboard.

3. Metode Komentar C

Jika metode komentar Unix Shell dan C++ efektif untuk membuat komentar pendek, untuk membuat komentar yang panjang, PHP meminjamnya dari bahasa C. Metode komentar ini disebut juga tipe komentar blok karena sifatnya yang harus diberikan tanda tutup untuk mengakhiri komentar.

Untuk memulai komentar, kita menuliskan sebuah garis miring dan diikuti dengan tanda bintang (/*). Semua text setelah tanda tersebut akan dianggap sebagai komentar sampai PHP menemukan tanda tutup, yakni karakter bintang dan diikuti dengan garis miring. Metode komentar C dapat mencakup beberapa baris. Metode komentar C juga berguna untuk mengomentari beberapa baris program agar tidak dijalankan oleh PHP, seperti contoh berikut:

1

2

3

4

5

6

7

8

<?php

$a= 3;

/*

bagian ini tidak akan dijalankan oleh PHP

$b = 7;

$c = 8;

*/

?>

Namun, dalam penulisan komentar metode C, Anda perlu berhati-hati untuk tidak membuat blok komentar yang saling bertumpuk, seperti contoh berikut:

1

2

3

4

5

6

7

8

<?php

$a = 12;

/*

$j = 10; /* Ini adalah komentar */

$k = 11;

Ini adalah komentar

*/

?>

Dalam kode di atas, PHP akan gagal menjalankan kode program dan menghasilkan error karena komentarnya saling berhimpitan (overlapping). Demikianlah pembahasan singkat mengenai cara penulisan komentar dalam kode PHP. Semoga bermanfaat.

Apabila Anda sedang mencari web hosting yang cepat dan handal untuk Anda gunakan pada website, Anda bisa mengandalkan https://www.jakartawebhosting.com sebagai web hosting terpercaya Anda. Karena Jakartawebhosting.com menyediakan web hosting Indonesia, web hosting dengan server yang menggunakan HDD maupun SSD yang sangat terjamin kecepatan dan sumber daya resourcenya. Anda cukup pilih mana yang Anda inginkan.

Selain itu, Anda juga bisa membeli nama domain dengan harga domain murah se Indonesia di Jakarta Web Hosting Indonesia. Bila anda sebuah perusahaan, anda ingin menggunakan layanan Cloud Hosting? Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Cloud Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data serta server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu anda 24 jam setiap hari dan biaya langganan yang menarik.

.

You may also like...