5 Bahasa Pemrograman Yang Mudah Dipelajari

Belajar bahasa pemrograman memang bukan perkara mudah. Kamu harus memilih bahasa pemrograman yang sesuai dengan yang kamu butuh, tetapi hal ini juga merupakan pekerjaan yang sulit. Jadi, yang pertama kamu harus lakukan kamu harus menganalisa apa yang kamu butuhkan dan setengah masalah tersebut sudah terselesaikan.

Dan sekarang kamu tinggal memilih untuk belajar yang mana, berikut ini adalah 5 bahasa pemrograman yang terbilang mudah untuk dipelajari.

1. Python

Saat ini, Python didaulat sebagai bahasa pemrograman terbaik dan paling mudah dipelajari oleh pemula. Python pertama kali dikembangkan oleh Guido van Rossum pada tahun 1980-an. Bahasa yang bisa kamu gunakan gratis dan open source ini dikenal dengan gaya pemrograman yang dinamasi, fleksibel, obejct-oriented, prosedural dan fungsional.

Dengan kodel yang simpel dan mudah dibaca, programmer dapat mengekspresikan konsep ke dalam baris kode. Bahasa ini menjadi salah satu yang paling popular diajarkan di sekolah di Amerika dan Eropa.

Python digunakan untuk membuat aplikasi desktop dan web, juga merupakan tool untuk membuat machine learning, data mini, dan lain sebagainya.

2. Ruby

Ruby merupakan bahasa pemrograman yang dinamis yang dikembangkan oleh Yukihiro Matsumoto pada awal tahun 1990-an, dengan fokus pada syntax yang mudah dibaca oleh manusia. Bahasa ini mendukung berbagai paradigma pemrograman termasuk object-oriented, fungsional dan imperative, menjadikannya sangat fleksibel. Seperti Python, Ruby simpel dan mudah dibaca, dan dikenal sebagai salah sata yang paling mudah untuk dipelajari.

Ruby bisa digunakan untuk membuat aplikasi web, dan juga membuat blog web dengan mudah.

3. Java

Java dikembangkan oleh James Gosling di Sun Microsystem pada tahun 1990-an, dan sekarang dimiliki oleh Oracle. Tujuan utama dari bahasa pemrograman ini adalah untuk digunakan membangun aplikasi dan software yang berbeda. Java bahasa object-oriented berbasis class yang dibuat untuk membangun aplikasi lintas platform.

Java digunakan untuk membuat aplikasi Android, dan juga digunakan sebagai bahasa server-side.

4. C dan C++

C dan C++ merupakan bahasa pemrograman yang menjadi dasar dan mempengaruhi banyak bahasa pemrograman modern. Memang usianya sudah tua, namun bahasa ini masih popular. Bahasa C sebenarnya menggunakan kode yang lebih kompleks dibandingkan dengan bahasa lainnya, tetapi kenapa masuk dalam daftar ini? Karena bahasa C merupakan bahasa dasar pemrograman di dalam ilmu komputer, dan belajar bahasa ini kamu dapat mempunyai dasar yang kuat sehingga lebih mudah mempelajari bahasa lainnya.

C dan C++ telah digunakan untuk membangun banyak sekali software, sistem operasi, aplikasi desktop, aplikasi mobile, aplikasi web, game, game engine dan lainnya.

5. JavaScript

JavaScript sering dianggap sebagai bahasa pemrograman webs. Utamanya JavaScript merupakan bahasa pemrograman client-side yang digunakan untuk front-end development. Bahasa ini sangat mudah dipelajari, namun tidak semudah Python dan Ruby. Syntax-nya mirip dengan C. Karena mendukung lintas platform, JavaScript menjadi sangat popular karena didukung oleh semua web browser. Menggunakan Node.js, JavaScript bisa juga digunakan sebagao bahasa server-side.

JavaScript digunakan untuk pengembangan web, dan dapat berjalan pada semua web browser. Dan juga dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi mobile dan aplikasi web.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan PHP Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...